Minggu, 13 Juli 2014

Stone Forest, Situs Warisan Dunia di Yunnan

Wisatawan memenuhi Stone Forest yang terletak di Kunming Provinsi Yunnan. (photo by : Wildan Indrawan)
Provinsi Yunnan terletak di sebelah barat daya Tiongkok, ibukotanya adalah Kunming. Kota ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer karena memiliki iklim yang hangat dan pemandangan alam yang indah.
Stone Forest, terletak di Kota Kunming Provinsi Yunnan. merupakan salah satu situs warisan dunia yang diakui UNESCO (photo source  : http://bingwallpaper.anerg.com)
Salah satunya adalah Stone Forest atau Shilin. Lokasinya berjarak sekitar 120 km dari Kunming, dibutuhkan tiga jam perjalanan untuk mencapai lokasi ini. Stone Forest merupakan salah satu bagian dari South China Karst UNESCO World Heritage Sites.
Batuan karst yang tertata rapi secara alami dipadu rerumputan hijau membentang seluas 350 km2. (photo by : Wildan Indrawan)
Tempat ini disebut Stone Forest karena memiliki bebatuan yang menjulang tinggi dengan jumlah yang sangat banyak hingga menyerupai hutan. Bebatuan ini adalah batuan karst yang terbentuk sejak jutaan tahun lalu. Dahulu tempat ini adalah hamparan lautan luas. Pada era Paleozoic, terjadi proses gerakan litosfer secara bertahap menyebabkan surutnya air laut dan memnculkan batuan karst ini.

Pintu masuk utama Shilin yang dipenuhi wisatawan. Tempat ini merupakan destinasi favorit di Kunming, Yunnan. (photo by : Wildan Indrawan)
Tempat yang diakui UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia ini menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi wisatawan. Lebih dari tiga juta pengunjung dari seluruh Tiongkok dan dunia mengunjungi tempat ini tiap tahunnya. 

Berfoto menggunakan pedang bersama dua orang penari adat Yunnan. (photo file : Wildan Indrawan)
Stone Forest seluas 350 km2 dan dibagi menjadi tujuh bidang utama yaitu, Great & Lesser Stone Forest atau disebut juga Lizijing Stone Forest, Naigu Stone Forest, Ziyun Cave, Lake Chang, Lake Yue, Dadie Waterfall dan Qifeng Cave. Dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mengunjungi tempat ini.

Di tempat ini, pengunjung biasa disambut tarian khas daerah setempat dengan penari yang memakai baju berwarna-warni dan alat musik khas setempat. Karyawan yang bekerja di Stone Forest juga menggunakan baju yang berwarna-warni etnik khas Yunnan. Anda bisa berfoto bersama mereka.
Saya berfoto dengan background Stone Forest (photo file : Wildan Indrawan)
Harga tiket masuk Stone Forest cukup mahal, sekitar 140 hingga 175 Yuan. Untuk menuju lokasi ini, bisa menyewa mobil dengan tarif yang cukup mahal sekitar 400-450 Yuan. Ada juga kereta yang bisa digunakan antara Kunming dan Shilin dengan harga hingga 19 Yuan. Informasi tiket kereta api bisa diperoleh di Huaxia Train Ticket Office atau bisa menghubungi Kantor China Rail biro Kunshi Lu. Di sekitar Stone Forest terdapat beberapa hostel dan hotel low-end yang bisa disewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar