Rabu, 23 Juli 2014

Indonesian Jurassic Park, Eksotisme Reptil Purbakala di Indonesia


Salah satu rangka yang direkonstruksi ini dapat ditemukan di Indonesian Jurassic Park. (photo by : Wildan Indrawan)
Indonesia mempunyai kepulauan yang sangat indah dan eksotis. Letaknya ada di Indonesia daerah timur, pulau ini juga dikenal sebagai Indonesian Jurassic Park. Karena selain indah dan eksotis, pulau ini memiliki hewan reptil dari jaman purba yang masih hidup hingga sekarang.

Pantai di Pulau Komodo nampak dari ketinggian dengan warna air lautnya yang hijau memanjakan mata. (photo by : Wildan Indrawan)
Hewan ini adalah Komodo, selain menjadi nama seekor reptil yang dikenal di dunia juga menjadi nama sebuah pulau di Indonesia. Pulau Komodo terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh pemerintah pusat. 
Salah satu atraksi di Pulau Komodo yaitu memberi makan Komodo dengan seekor kambing yang digantung di pohon. (photo by : Wildan Indrawan)
Di pulau ini hewan Komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Ada ribuan ekor Komodo di pulau yang diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia ini. Komodo merupakan hewan karnivora yang ditemukan oleh peneliti dari Belanda pada tahun 1910. Kini, habitat Komodo di alam bebas telah berkurang sehingga hewan ini termasuk hewan yang dilindungi.
Pulau Komodo berhasil menjadi salah satu dari New Seven Wonders of Nature sejak tahun 2011.  (photo : Wildan Indrawan)
Pada tahun 2009, pulau Komodo menjadi salah satu finalis dari New Seven Wonders of Nature. Sekarang sudah resmi dinobatkan sebagai salah satu New Seven Wonder of Nature bersama dengan Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain.
Saya sedang bersiap untuk melakukan penyelaman di kawasan Pulau Komodo. (photo file : Wildan Indrawan)
Selain menawarkan keindahan alam liarnya pulau ini juga menawarkan keindahan alam bawah laut. Ada beberapa tempat yang sangat populer dikunjungi wisatawan domestik atau mancanegara. diantaranya Pink Beach dan Batu Bolong, di sini biasa dilakukan penyelaman oleh para wisatawan karena keindahan alam bawah lautnya.
Pink Beach selain karena pantainya yang indah juga cukup aman untuk menyelam bagi penyelam pemula seperti saya. (photo by : Prita Laura)
Untuk mengeksplorasi Pulau Komodo disarankan untuk menyewa kapal, karena jarak tempuh dan luasnya kawasan Pulau Komodo tak cukup dikelilingi satu atau dua hari saja. Wisatawan pada umumnya menyewa kapal-kapal ini untuk bermalam dan menyimpan perlengkapan selam mereka. Maka jika mau berwisata ke Indonesian Jurassic Park ini memang membutuhkan budget yang tidak sedikit.
Beberapa kapal yang bisa disewa untuk menjelajah Pulau Komodo dengan tarif yang bervariasi tergantung dari fasilitas yang ditawarkan. (photo by : Wildan Indrawan)
Beberapa kapal di Pulau Komodo didesain untuk menjelajah Pulau Komodo dan sekitarnya dengan berbagai fasilitas. Mulai dari fasilitas kamar tidur dari yang biasa hingga yang memakai AC, toilet, peralatan selam, hingga makanan yang akan dimasak selama perjalanan. Jadi, wisatawan tidak perlu khawatir kelaparan atau tidak bisa mandi selama perjalanan. Memang tidak murah untuk menyewa kapal ini namun biaya itu bisa ditekan dengan cara pergi beramai-ramai untuk patungan biaya penyewaan.
Beberapa menu yang bisa dinikmati selama perjalanan di atas kapal saat menjelajah Pulau Komodo dan sekitarnya. (photo : Wildan Indrawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar