Rabu, 21 Januari 2015

Matho Monastery Leh Ladakh India

Matho Monastery adalah sebuah kuil yang menjadi salah satu kunjungan wisatawan di Leh Ladakh, India. (photo source : www.zipmytravel.com)
Leh Ladakh, Sebuah kota di utara India terdapat banyak biksu melakukan pengasingannya di  Monastery atau kuil. Monastery adalah sebuah tempat tinggal dimana para biksu melakukan pengasingan sacara spiritual. Salah satu Monastery di Leh, adalah Matho Monastery.

Aktifitas beberapa biksu di Matho Monastery, Leh, Ladakh India. Di Monastery ini ada sekitar 60 biksu dan 30 calon biksu. (photo file : Wildan Indrawan)
Matho Monastery terletak sekitar 26 km di sebelah tenggara kota Leh. Monastery yang didirikan pada tahun 1410 oleh Lama Dugpa Dorje ini satu-satunya Monastery yang mengikuti Sakya Buddhisme Tibet. Di dalam Matho Monastery ini terdapat 60 biksu dan 30 orang calon biksu.

Ruangan yang menjadi tempat para biksu beribadah terdapat patung Sakyamuni yang dikelilingi Buddha di belakangnya. (photo : Wildan Indrawan)
Di dalam Matho, terdapat lukisan mural yang indah menggambarkan para biksu dari sekte arya. Ada juga gambar Sakyamuni dikelilingi oleh sejumlah patung Buddha di belakang singgasana. The du khang atau aula pertemuan utama memiliki teras dengan interior yang berhiaskan lukisan mural dan patung-patung.


Matho Monastery saat ini sedang dilakukan restorasi oleh para sejarawan dan pekerja sosial lainnya untuk menjaga keberlangsungan sejarah Matho. (photo : Wildan Indrawan)
Matho Monastery saat ini sedang dilakukan restorasi untuk menjaga keberlangsungan sejarah Matho. Beberapa pelestarian artefak dan berbagai peninggalan tradisi lokal dilakukan. Proyek restorasi ini melibatkan sejarawan internasional, seniman, arsitek, dan para biksu itu sendiri. 
Bagian depan Matho Monastery dengan latar pegunungan di Leh Ladakh, India. (photo : Wildan Indrawan)
Kota Leh mempunyai banyak Monastery yang bisa dikunjungi. Selain Matho Monastery, ada juga Thiksey Monastery, Stakna Monastery, dan juga beberapa tempat yang menawarkan petualangan bagi para wisatawan. Leh terletak di antara kemegahan Himalaya, Karakoram, dan Sungai Zanskar dimana wisatawan bisa mengkesplorasi untuk berpetualang. 
Saya di Matho Monastery. Leh mempunyai banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk petualangan. Leh juga dikenal sebagai "The Adventure Playground". (photo file : Wildan Indrawan)
Kota Leh mempunyai keindahan alam dan budaya yang mengesankan karena selain Monastery yang bisa dikunjungi, di sini juga terdapat pegunungan salju, padang pasir, dan hutan. Cara mencapai kota Leh bisa menggunakan pesawat atau juga melalui jalur darat dari Srinagar atau Manali.



4 komentar:

  1. Wahh, mantap banget report agan! Ane juga mau deh, semoga ane punya kesempatan kaya agan buat berkunjung kemana-mana. Nice info gan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap kaka...semoga kesampaian...sila kunjungi artikel yg lain :)

      Hapus