Selasa, 26 Agustus 2014

Cantiknya Danau Bukit Karst di Ninh Binh

Van Long Nature Reserve terletak di distrik Gia Vien provinsi Ninh Binh merupakan peninggalan budaya dan cagar alam legendaris di Vietnam. (photo file : Wildan Indrawan)
Van Long Natural Reserve adalah sebuah tempat yang eksotis di Vietnam. Menyuguhkan pemandangan batuan karst dengan hamparan air yang lebih mirip seperti cermin raksasa karena kejernihannya merefleksikan pemandangan sekitarnya. 

Terletak sekitar 90 km dari Hanoi ke selatan, tempat ini merupakan peninggalan budaya dan cagar alam lahan basah terbesar. Pemandangan bukit bebatuan karst yang menjulang tinggi berwarna abu-abu nampak indah dipadu pepohonan hijau dan rumput di sela-sela bukitnya.
Salah satu gua di Van Long Nature Reserve terletak di balik pepohonan, di tempat ini bisa ditemukan banyak gua dengan keindahan yang unik. (photo : Wildan Indrawan)
Dengan luas 3000 hektar, cagar alam yang terletak di distrik Gia Vien, provinsi Ninh Binh ini memiliki 32 gua yang indah, di antaranya adalah, Ca Grotto, Rua Grotto, dan Chanh Grotto. Masing-masing gua memiliki keindahan yang unik.
Pengunjung bisa menikmati Van Long Natural Reserve dengan menggunakan sampan tradisional dari bambu. (photo : Wildan Indrawan)
Di tempat ini pengunjung bisa menikmatinya dengan cara menyewa sampan tradisional. Sampan ini terbuat dari bambu dengan dasar yang dilapisi semen. Maksimal penumpang sampan ini hanya 3 orang dan 1 pengemudi. Biaya sewa sampan dihitung per orang yaitu 45.000 Dong atau sekitar Rp. 25.000.
Sampan tradisional terbuat dari bambu ini akan mengantarkan pengunjung berkeliling di sekitaran Van Long Natural Reserve. (photo doc : Caldera Sobek)
Waktu yang paling pas untuk mengunjungi Van Long Natural Reserve adalah pada pagi atau sore hari. Karena pada siang hari cuaca sangat panas bahkan hingga di atas 40 derajat celcius. Bisa dibayangkan betapa panas di tempat itu. 

Suasana yang tenang dan keindahan alamnya menjadikan tempat ini destinasi yang cukup populer di Ninh Binh. Jika ingin berkunjung ke tempat ini bisa menggunakan bus dari terminal My Dinh di Hanoi dengan tujuan Ninh Binh lalu setelah sampai di Ninh Binh bisa disambung dengan menggunakan taksi ke lokasi dari jalan raya utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar