Rabu, 18 Juni 2014

Menara Eiffel di Gorontalo

Menara Eiffel sangat dikenal di dunia. Berada di kota Paris, Prancis menara ini menebar pesona bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Indonesia juga mempunyai menara yang bentuknya mirip namun besarnya tidak sebesar aslinya yang ada di Paris itu. 

Menara Keagungan Limboto terletak di Kabupaten Gorontalo. (sumber : google.com)


Menara Keagungan Limboto, begitu disebutnya, terletak di Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo . Menara setinggi 65 meter ini dibangun sejak tahun 2001 dan menjadi simbol dari keagungan dan kejayaan Gorontalo. 

Menara ini persisnya terletak di simpang jalan trans Limboto atau persimpangan Jalan Sudirman dan Jalan Cokroaminoto. Pada setiap lantainya pengunjung dapat berhenti sejenak menikmati panorama Gorontalo alam yang indah. Danau Limboto juga bisa terlihat dari atas menara.
Saya bersama teman-teman di lantai lima Menara Keagungan Limboto, Gorontalo (photo : Harys Sikumbang)
Menara yang puncaknya berbentuk kubah masjid ini mempunyai lebar kaki pancang sepanjang 21 meter. Untuk mencapai puncaknya ada dua cara, yaitu melalui tangga atau melalui lift. Tarif masuknya adalah Rp. 10.000 per orang.
Miniatur Menara Keagungan Limboto Gorontalo ini dapat anda temukan di pintu masuk dekat lift (photo : Wildan Indrawan
Lantai pertama menara ini merupakan tempat meeting atau pertunjukan. Lantai kedua berfungsi sebagai restoran dan tempat bersantai. Untuk menemukan cinderamata khas Gorontalo bisa ditemukan di lantai tiga. Lantai keempat dan lima hanya berfungsi sebagai gardu pandang untuk melihat keindahan kota Gorontalo.

Menara ini juga berfungsi sebagai pemancar radio sebagaimana juga terdapat pada Menara Eiffel. Di Paris, Eiffel mempunyai pemancar radio di puncak menaranya di antaranya, France Culture 93,35 Mhz dan France Musique 97,6 MHz di puncak menaranya. Menara Keagungan Limboto juga digunakan sebagai pemancar radio SMEK (Suara Menara Keagungan) 95,58 MHz FM Gorontalo. Siaran radio ini dapat diterima di penjuru Kabupaten Gorontalo.

Akses menuju ke tempat ini tidak terlalu sulit. Dari bandara Jalaluddin di Kabupaten Gorontalo, Anda bisa menggunakan jasa kendaraan baik mobil sewaan atau angkutan umum, misalnya becak motor. Akan lebih menarik jika mengunjungi menara ini pada malam hari, karena Anda akan melihat keindahan menara ini dengan sorot lampu warna-warni yang cantik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar